Dalam merintis sebuah usaha, tak jarang kita menemukan berbagai macam
kendala yang bisa menghambat jalannya usaha. Kegagalan, persaingan, dan
beragam tantangan lainnya, bahkan telah menjadi bagian yang tak
terpisahkan dari perjalanan bisnis yang kita jalankan.
Melihat
kondisi tersebut, tidaklah heran bila sekarang ini para pengusaha
dituntut harus bisa tahan banting dalam menghadapi segala tantangan dan
memiliki keberanian yang cukup kuat untuk melangkah menuju gerbang
kesuksesan.
Nah, untuk membantu para pemula dalam merintis
bisnisnya. Berikut ini kami informasikan beberapa keberanian yang
dibutuhkan para pengusaha untuk mencapai puncak suksesnya.
1.Berani Bermimpi
Keberanian awal yang harus dimiliki para pengusaha adalah keberanian
untuk memiliki sebuah mimpi besar. Jangan pernah takut untuk bermimpi,
karena pada dasarnya semua hal berawal dari sebuah mimpi. Contohnya saja
seperti kesuksesan Soichiro Honda sang raja jalanan yang berhasil
menciptakan sepeda motor dengan merek Honda dari sebuah mimpi besar yang
Ia miliki. Tidaklah heran bila ada istilah yang mengatakan “Dengan
mimpi kita bisa menggenggam dunia.”
2. Berani Melangkah
Tidak hanya
berani bermimpi, namun para pengusaha juga dituntut untuk mulai berani
melangkah menghadapi semua tantangan. Bila dulunya sebagian besar
pengusaha masih takut gagal dalam merintis sebuah usaha, kini mereka
harus menepis perasaan tersebut dan mulai merencanakan bisnisnya dengan
matang untuk mencapai sebuah kesuksesan. Keberanian seperti ini bisa
kita lihat dari kesuksesan Tirto Utomo sang pendiri Aqua, yang berhasil
mempopulerkan air minum kemasan sejak tahun 1973. Padahal, saat itu
konsumen masih sangat asing dengan produk air minum kemasan, karena pada
dasarnya komoditas air di Indonesia cukup melimpah dan disediakan alam
secara gratis.
3. Berani Bersaing
Setelah berani melangkah,
selanjutnya para pengusaha didorong untuk berani bersaing mengalahkan
ramainya kompetisi pasar yang ada. Jadikan persaingan tersebut sebagai
pemacu atau sebuah motivasi bagi diri Anda, sehingga kedepannya Anda
semakin semangat dalam menjalankan usaha dan lebih tertantang untuk
memenangkan persaingan pasar. Contohnya saja seperti kesuksesan produk
Indomie yang sampai sekarang ini masih digemari para konsumen, meskipun
belakangan mulai banyak merek mie instan lainnya yang ikut meramaikan
pasar.
4. Berani Berbeda
Menampilkan sesuatu yang berbeda tentunya
menjadi salah satu kunci sukses Anda dalam menjalankan sebuah usaha.
Bahkan tak jarang para pelaku usaha sengaja menampilkan keunikan
tertentu untuk memenangkan persaingan pasar yang mereka hadapi saat ini.
Karenanya sebagai calon pengusaha sukses, pastikan bahwa Anda tidak
pernah takut untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berani menawarkan
produk yang berbeda untuk membidik pangsa pasar yang masih potensial.
Dalam hal ini Anda bisa mencontoh strategi bisnis yang cukup unik
seperti bisnis martabak mini, keripik setan, atau penyedia bisnis jasa
kurir ASI dan spa bayi yang belakangan ini mulai merebut perhatian para
konsumen.
0 komentar:
Posting Komentar